Kamis, 23 Mei 2013

Untuk menyambut Hari Kesehatan Nasional. Jurusan Keperawatan Poltekkes Kendari  pada tanggal 4 Mei 2013 Mengadakan sosialisasi mencuci tangan bersih di SD N 7 Baruga yang di ikuti oleh Ratusan siswa SD N 7 Baruga. kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan siswa mengenai cara mencuci tangan yang bersih. Tidak hanya itu Himpunan mahasiswa jurusan keperawatan (HMJK) yang di Ketuai oleh Wahyu Laksono membagikan Antiseptik kepada semua murit SD N 7 Baruga. " ini merupakan kegiatan yang insaallah akan rutin kami adakan sebagai bentuk keikutsertaan kami dalam bersosialisasi di tengah masyarakat" kata Wahyu Laksono (ketua HMJK).

Berikut akan di jelaskan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar untuk meminimalkan kejadian infeksi kuman.

Mengapa Harus Mencuci Tangan ?

Ribuan bahkan jutaan kuman yang tidak kasat mata ada disekitar kita. Sadar atau tidak sadar, mau atau tidak mau, kita akan melakukan kontak atau bahkan impossible untuk terhindar samasekali (steril).

Karena itulah, kapan saja di saat kondisi badan lemah terutama anak-anak, sistem pertahan tubuh (immunitas) tidak mampu melawan keganasan (patogenitas) kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh tanpa kita sadari, baik melalui makanan dan minuman, setelah bekerja, bermain ataupun keluar dari kamar kecil. Yang pada akhirnya kita akan jatuh sakit.

Bagaimanakah Cara Mencuci Tangan?

Berikut adalah standar cuci tangan :

1. Basahi tangan setinggi pertengahan lengan bawah dengan air mengalir

2. Gunakan sabun di bagian telapak tangan yang telah basah

3. Digosok telapak tangan ke telapak tangan, sehingga menghasikan busa secukupnya selama 15-20 detik





4. Bilas kembali dengan air bersih
 
5. Tutup kran dengan siku atau tissu

6. Keringkan tangan dengan tissu / handuk kertas


7.  Hindarkan menyentuh benda disekitarnya setelah mencuci tangan.


Tidak hanya melakukan sosialisasi saja tetapi HMJK juga langsung mengajak siswa siswi SD N 7 Baruga Untuk mempraktekkannya.
 







Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar